sedikit celah;

sedikit celah; layaknya jendela untuk kau lebih jauh mengenalku...

Senin, 26 Januari 2009

Sholat Gerhana

Ahli hisab mengemukakan bahwa hari senin, (26/1) akan terjadi gerhana bulan. Gerhana mulai terjadi pukul 15.25 WIB. Adapun puncak gerhana yakni pada 16.00 WIB, kemudian berakhir pukul 17.45 WIB.
Dari keterangan tersebut, pengurus BKM Masjid Syahidin Tinawaz menghimbau masyarakat untuk melaksanakan sholat gerhana. Ini sesuai dengan sunah rosul, bahwa kalau mendapati gerhana (matahari / bulan) maka melakukan sholat gerhana.
Ya, jadi tadi tuh warga sholat Ashar di masjid kemudian dilanjutkan sholat gerhana. Tata cara sholat gerhana sedikit berbeda dengan sholat wajib yang biasa kita lakukan. Sholat gerhana terdiri dari 2 rakaat. Setiap rakaatnya terdapat 2x ruku' dan 2x sujud. Yap.. lalu td khotib memberi khutbah supaya kita selalu mengingat ALLAh SWT atas kuasanya yaitu dengan memperbanyak istighfar berdzikir dan memperbanyak sodaqoh. Karena kita telah ditunjukkan kuasa ALLah salah satunya adalah terjadinya gerhana ini. Berbeda dengan budaya jawa yang menganggap gerhana terjadi karena murkanya Bethara Kala.


h'm.. Maha Suci ALLah..

Tidak ada komentar: